Program Studi Magister dan Doktor Kajian Budaya Fakultas Ilmu Budaya melaksanakan Pengabdian Kepada Masyarakat dengan Kegiatan Penanaman Bibit Mangrove dan Bersih-Bersih di Areal Pura Sakenan Desa Serangan Denpasar Universitas Umum

Dengan memanjatkan Puji syukur ke hadirat Ida Sang Hyang Widhi Wasa, Tuhan Yang Maha Esa, karena atas berkas Rahmat dan karunia-Nya, kami dapat menyelesaikan program pengabdian kepada masyarakat melalui kegiatan penanaman bibit mangrove dan bersih-bersih di areal Pura Sakenan yang berlokasi di Banjar/Lingkungan Serangan, Desa Serangan, Kecamatan Denpasar Selatan, Kota Denpasar. Pangabdian kepada masayarakat ini merupakan perwujudan salah satu Tri Dharma Pergururan tinggi yang dilaksanakan oleh civitas akademika Program Studi Magister Kajian Budaya, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Udayana. Kegiatan ini telah dilaksanakan pada tanggal 28 Mei 2022. Dalam kesempatan ini, kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada:

  1. Koordinator Program Studi Doktor Kajian Budaya Fakultas Ilmu Budaya Universitas Udayana yang telah memberikan dukungan dalam pelaksanaan kegiatan pengabdian ini.
  2. Dinas Kehutanan dan Lingkungan Hidup Provinsi Bali serta UPTD Taman Hutan Raya Ngurah Rai yang telah memfasilitasi dalam pemberian lokasi terkait kegiatan penanaman bibit mangrove.
  3. Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung Unda Anyar yang telah memfasilitasi dalam pemberian bibit mangrove sejumlah 80 bibit.
  4. Kepala Kelurahan Serangan beserta jajarannya yang telah bersedia memberikan ijin dalam pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat.
  5. Pengempon Pura Sakenan yang telah bersedia memberikan ijin dalam menggunakan wantilan pura dalam pelaksanaan kegiatan pengabdian ini.
  6. Staf pegawai Program Studi Kajian Budaya yang telah memberikan dukungan dalam pelaksanaan kegiatan pengabdian ini.
  7. Seluruh mahasiswa Program Studi Doktor Kajian Budaya Fakultas Ilmu Budaya Universitas Udayana yang telah memberikan bantuan serta dukungan dalam pelaksanaan kegiatan pengabdian ini.

Pada program pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan oleh mahasiswa Program Studi Magister Kajian Budaya Universitas Udayana melalui kegiatan penanaman bibit mangrove, adapun luas area yang ditanami yaitu ± 1-2 are.

Pada kegiatan penanaman mangrove kali ini yang berlokasi di Desa Serangan, Kecamatan Denpasar Selatan, Kota Denpasar, Bali menggunakan dua jenis bibit mangrove yaitu jenis mucronata dan stylosa yang masing-masing berjumlah 40 bibit.



Program Pengabdian Kepada Masyarakat dari mahasiswa Program Studi Magister Kajian Budaya Universitas Udayana yang telah dilaksanakan pada tanggal 28 Mei 2022 di Desa Serangan, Kecamatan Denpasar Selatan, Kabupaten Denpasar, Bali melalui kegiatan penanaman bibit mangrove merupakan bentuk kepedulian serta tindakan nyata dalam upaya pencegahan abrasi serta penanggulangan perubahan iklim yang terjadi yang diikuti dengan kegiatan bersih-bersih sebagai bagian dari tanggung jawab bersama dalam menjaga kelestarian lingkungan sekitar.